26
Feb
10

PENGENALAN TRANSAKSI EKSPOR IMPOR

Transaksi perdagangan luar negeri yang lebih dikenal dengan istilah ekspor impor pada dasarnya adalah suatu transaksi yang sederhana dan tidak lebih dari membeli dan menjual barang ( proses jual beli biasa), hanya yang menjadi perbedaan utama dengan proses jual beli tersebut yaitu lokasi orang-orang atau pengusaha yang terlibat, berada pada tempat yang berlainan atau lebih spesifik lagi berada pada negara-negara yang berbeda. Sehingga timbul istilah yang lebih dikenal untuk orang-orang yang terlibat yaitu eksportir atau sellers dan importir atau buyers.

Bagi perkembangan perekonomian Indonesia, transaksi ekspor impor merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang penting. Khusus dalam usaha untuk meningkatkan volume ekspor Indonesia, Pemerintah Indonesia beberapa tahun terakhir ini telah melakukan berbagai deregulasi di bidang perdagangan dan perbankan dengan mengeluarkan berbagai peraturan yang memberi kemudahan, dimulai dengan paket ekspor 1982, sistem imbal beli (counter trade), Inpres tahun 1985 tentang penyempurnaan cara penanganan ekspor impor untuk efisiensi dan peningkatan hasil negara. Diperkuat lagi dengan penyediaan kredit ekspor yang terbuka pula bagi PMA dengan bunga 9% pertahun yang sebelumnya hanya diberikan untuk pengusaha nasional (SE Bank Indonesia No.18/2/UKU Tgl. 9 September 1985). Lebih lanjut Paket 6 Mei 1986 (Pakem) yang menghapuskan pemberian Sertifikat Ekspor (SE) untuk memenuhi tuntutan persaingan Luar Negeri; Paket 24 Desember 1987( Pakdes) yang antara lain menyederhanakan izin ekspor serta pembebasan bea masuk barang-barang tertentu dan yang paling akhir Pakto dan Pakno1988 yang pada dasarnya mendorong kemungkinan peningkatan ekspor tersebut dengan menyediakan kemudahan di bidang perbankan dan perdagangan.


Dalam transaksi perdagangan ekspor impor, seorang eksportir/ importir banyak berhubungan dengan berbagai instansi/lembaga yang menunjang terlaksananya transaksi ekspor tersebut yang sementara ini di Indonesia lembaga-lembaga tersebut belum seluruhnya dikenal dan dimanfaatkan. Instansi-instansi dimaksud adalah:

  1. Pembuat barang ekspor (kalau produksi ekspor tidak dilakukan sendiri)
  2. Ekspor merchant house (yang membeli barang dari perusahaan pembuat barang dan mengkhususkan diri dalam perdagangan dengan negara-negara tertentu yang membutuhkan barang-barang tersebut)
  3. Confirming house (lazim dikenal di luar negeri), bertindak sebagai perantara pembuat barang di luar negeri dan importir dalam negeri, biasanya bertanggung jawab atas pengapalan barang-barang dan pembayaran kepada penjual.
  4. Buying agent, bertindak sebagai agen untuk satu atau lebih pernbeli tertentu di luar negeri,
  5. Trading house, badan usaha yang mengumpulkan barang-barang keperluan untuk diekspor dan diimpor.
  6. Consignment agent, bertindak sebagai agen penjual di luar negeri.
  7. Factor, lembaga yang setuju untuk membeli piutang-piutang dagang/barang-barang ekspor yang dipunyai eksportir untuk kemudian ditagih kepada importir/pembeli.

Dalam pelaksanaan teknisnya, eksportir / importir juga berhubungan dengan lembaga-lembaga lain yaitu :

  1. Bank
  2. Freight forwarder, EMKL / EMKU
  3. Maskapai peLayaran
  4. Asuransi
  5. Bea cukai
  6. Kedutaan
  7. Surveyor (badan pemeriksa)

Secara singkat dari uraian di atas maka transaksi ekspor meliputi:

  1. Pembeli yaitu orang asing (buyers, importir)
  2. Pembayaran dalam valas, pada umumnya dollar (sesuai dengan cadangan devisa Indonesia)
  3. Berkomunikasi dengan pembeli dalam bahasa asing, khususnya bahasa Inggris

Sumber : Modul Kursus Manajemen Ekspor Impor Universitas Gunadarma


0 Responses to “PENGENALAN TRANSAKSI EKSPOR IMPOR”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Februari 2010
S S R K J S M
    Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

%d blogger menyukai ini: